Mensyukuri Kemerdekaan



Apabila kamu bersyukur, maka pasti akan Kutambah nikmat-Ku untukmu dan bila kamu kufur maka siksa-Ku amatlah pedih (QS 14:7)


Ayat tersebut dengan jelas memerintahkan kepada kita untuk selalu bersyukur atas berbagai nikmat yang telah diberikan Allah Swt. Bagi kita, bangsa Indonesia, syukur juga patut kita panjatkan terkait kemerdekaan yang telah diberikan Sang Kuasa untuk bangsa ini.

Dalam Islam, makna kemerdekaan tidak hanya terlepas dari belenggu penjajahan. Bukan pula merdeka dalam arti berbuat sesuka hati melakukan ini dan itu, termasuk penggunaan logika dan perasaan sebagai tolak ukur. Merdeka dalam Islam, berarti membebaskan diri dari penyembahan kepada sesama manusia, membebaskan diri dari belenggu hawa nafsu dan cinta dunia. Merdeka dalam Islam lebih mengarah kepada terbebasnya manusia dari penyembahan kepada sesama manusia. Artinya bebas dari paham-paham materialis buatan manusia yang sengaja memisahkan agama dengan hidup dan kehidupan manusia itu sendiri.
Merdeka yang sesungguhnya, juga memiliki makna terbebasnya manusia dari hawa nafsu dan bebas dari keinginan untuk melenakan diri dan memperturutkan syahwat.

Mensyukuri kemerdekaan bangsa ini, berarti mengisi kemerdekaan saat ini dengan sesuatu hal yang bermanfaat dengan tetap berada dalam koridor ketentuan Allah Swt. Bukan dengan berbagai hal yang justru menjauhkan manusia (kufur) dari ketentuan Nya. Allah telah membuat suatu perumpamaan sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi karena penduduk negeri tersebut mengingkari nikmat-nikmat Allah, maka Allah menimpakan kepada mereka kelaparan dan ketakutan, dikarenakan apa yang selalu mereka perbuat. (QS. An Nahl : 112).

Dalam kaitan kemerdekaan negeri ini, maka berarti Allah Swt telah menganugerahkan kepada kita tanah air yang kaya raya, berbagai sumber daya alam baik di darat maupun di lautan semuanya adalah karunia dari Allah Swt untuk kita. Nikmat ini patut kita syukuri dan tidak boleh dikufuri. Semua kekayaan alam negeri ini harus dioleh sehingga bermanfaat bagi semua dan menjadi sebuah perantara untuk beribadah kepada Nya.

Jika amanah kemerdekaan saat ini tidak disyukuri, sementara penduduk bangsa ini terus melakukan eksploitasi alam tanpa mengindahkan hak dan kewajiban kepada Nya, maka tunggulah saat-saat kehancuran itu menimpa negeri ini. Maka dari itu, syukuri anugerah dan nikmat kemerdekaan bangsa ini. Wallahu a‘alam

Post a Comment

Previous Post Next Post